AGENDA ILMIKI

LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJERIAL MAHASISWA NASIONAL IKATAN LEMBAGA MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (LKMM NASIONAL ILMIKI) 2008

Sembilan belas (19) November 2008 pukul 19.00, bertempat di gedung TDC (tropical Desease Centre) Universitas Airlangga Surabaya, dilaksanakan pembukaan acara LKMM Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI). ILMIKI merupakan suatu organisasi mahasiswa yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan ilmu keperawatan di Indonesia. ILMIKI dideklarasikan pada tanggal 24 september 2000 di PSIK Universitas Airlangga Surabaya dalam pra Konggres III Mahasiswa Keperawatan Indonesia.

LKMM nasional ILMIKI merupakan salah satu agenda Nasional ILMIKI selain Temu Ilmiah Nasional, Workshop, Nursing Expo dan Seminar Nasional. Agenda LKMM Nasional ILMIKI tersebut dihadiri oleh 41 peserta delegasi mahasiswa dari 19 institusi keperawatan di Indonesia yaitu dari Stikes Ceria Buana Padang, Universitas Sriwijaya Palembang, Stikes Siti Khadijah Palembang, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Stikes Kendal, Universitas Muhamadiyah Malang, Universitas Hasanudin Makassar, Stikes Aisiyah Yogyakarta, Universitas Muhamadiah Surakarta ( UMS ), Universitas Pesantren Darul Ulum (UNIPDU), Universitas Jendral Soedirman ( UNSOED ) Porwokerto, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Indoensia Timur Makassar.

LKMM nasional ILMIKI bertema ”Membentuk Pemimpin Visioner, Loyal, Mandiri dan Kompetitif tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 – 23 November 2008, di Universitas Airlangga Surabaya. Fakultas Keperawatan (FKP) Airlangga menjadi tuan rumah LKMM Nasional ILMIKI 2008 sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ILMIKI 2007 di Jakarta yang menyatakan bahwa pelaksanaan LKMM Nasional ILMIKI 2008 dipegang oleh FKP universitas Airlangga.

LKMM Nasional ILMIKI berlangsung selama lima hari, yang terdiri dari welcome party, serangkaian materi, Acievement Motivation Training (AMT), Diskusi Publik, City Tour dan Farewall Party. Agenda diskusi publik dilaksanakan pada hari sabtu, 22 November 2008. Diskusi public yang bertema “Kajian Nasional Mahasiswa Keperawatan Indonesia Mengenai Rancangan Undang-undang Keperawatan Indonesia” tersebut membahas tentang urgensi Undang-undang keperawatan di Indonesia, serta kiprah PPNI sebagai Organisasi profesi dan kiprah ILMIKI sebagai wadah mahasiswa keperawatan Indonesia. Diskusi publik tersebut terbuka untuk umum, dan dihadiri oleh kurang lebih 100 yang terdiri dari para peserta LKMM Nasional ILMIKI dan mahasiswa keperawatan dari wilayah Surabaya.

Diskusi Publik dengan menghadirkan pembicara dari PPNI pusat Jakarta, PPNI jawa Timur, dan pemimpin tertinggi ILMIKI/ Sekjen ILMIKI tersebut berlangsung selama empat jam. Dan selanjutnya, hasil diskusi tersebut, dibahas intern oleh peserta LKMM Nasional ILMIKI yang dibagi dalam dua komisi yakni komisi A dan B yang masing-masing akhirnya menghasilkan sebuah sernyataan sikap dan tuntutan mahasiswa Keperawatan Indonesia terhadap kinerja PPNI sebagai organisasi profesi keperawatan.

Adapun hasil dari komisi A tentang tuntutan mahasiswa dan solusi yang ditawarkan kepada PPNI pusat terkait dengan Rancangan Undang-Undang (RRU) Keperawatan adalah sebagai berikut:
TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA PPNI DALAM MENGAWAL PENGESAHAN RUU KEPERAWATAN
1.Kurangnya pressure PPNI yang berkesinambungan ke DPR setelah Hari Keperawatan Sedunia, 12 Mei 2008
2.Tidak efektifnya alur koordinasi dan fungsi pengawasan antara PPNI Pusat – provinsi – daerah dalam mengawal RUU keperawatan
3.Kurangnya sosialisasi RUU Keperawatan dari PPNI kepada mahasiswa dan masyarakat
4.Tidak adanya bukti autentik dalam perjalanan pengesahan RUU Keperawatan tahun 2009

TUNTUTAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA PPNI DALAM MENGAWAL PENGESAHAN RUU KEPERAWATAN
1.Tingkatkan dan intensifkan kinerja dalam fungsi pengawalan dan pengawasan terhadap pengegolan RUU Keperawatan
2.Perbaikan alur koordinasi dan peningkatan pengawasan koordinasi antara PPNI pusat – provinsi – daerah dalam mengawal RUU keperawatan
3.Mengadakan pencerdasan RUU Keperawatan secara menyeluruh dan berkesinambungan dalam lingkup PPNI Pusat maupun daerah
4.Mengadakan pencerdasan RUU Keperawatan secara menyeluruh dan berkesinambungan kepada mahasiswa dan masyarakat umum di seluruh Indonesia
5.PPNI harus tegas untuk mendapatkan bukti tertulis yang menyatakan bahwa RUU Keperawatan menjadi prioritas di tahun 2009

Sedangkan hasil dari komisi B tentang pernyataan sikap mahasiswa keperawatan sebagai tindak lanjut dari aksi nasional hari keperawatan Internasional di Jakarta 12 Mei 2008 kemarin adalah sebagai berikut:

PERNYATAAN SIKAP
Nomor : 04/ILMIKI/22/11/2008

Kebutuhan perlindungan hukum bagi pemberi dan penerima asuhan keperawatan merupakan hal yang sangat penting dalam kelancaran pemberian asuhan keperawatan yang lebih optimal. Perlindungan hukum ini dapat membantu memperjelas area-area kerja profesi keperawatan sehingga lebih terstruktur dan berjalan dinamis. Selain itu, perlindungan hukum juga akan memberikan dampak yang lebih positif bagi penerima asuhan keperawatan sehingga akan lebih merasakan suatu pelayanan keperawatan yang menjamin hak-haknya.
Menindaklanjuti aksi gerakan nasional kebangkitan perawat Indonesia pada tanggal 12 Mei 2008, kami sebagai mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia menuntut janji pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Keperawatan. Mengingat bahwa keperawatan merupakan suatu profesi yang memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan, maka diperlukan adanya pedoman yang mengatur dan melindungi pemberi dan penerima asuhan keperawatan. Selain itu, dikhawatirkan efektifitas kerja DPR periode 2004-2009 yang akan segera berakhir dalam waktu dekat akan menghambat jalannya pengesahan RUU Keperawatan. Fakta lain dari Asian Free Trade Association (AFTA) 2010 juga menjadi ancaman bagi profesi keperawatan Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada langkah kongkrit dari pemerintah mengenai RUU Keperawatan tersebut.
Dari Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa Nasional IV ILMIKI dan Diskusi Publik Kajian Nasional Mahasiswa Keperawatan mengenai RUU Keperawatan Indonesia di Universitas Airlangga Surabaya (19-23 November 2008) dan atas nama seluruh mahasiswa Ilmu Keperawatan di seluruh Indonesia, kami menyuarakan tuntutan agar PPNI dengan tegas segera menindaklanjuti janji pengesahan RUU Keperawatan pada tahun 2009 demi memajukan peningkatan kualitas dan profesionalisme serta jaminan hukum profesi keperawatan Indonesia.

Surabaya, 22 November 2008

Stikes Ceria Buana Padang, Stikes Siti Khadijah Palembang, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Stikes Aisyiah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Stikes Kendal, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Indonesia Timur, Universitas Negri Darul Ulum, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: